Gua Cerita, Gua Penuh Kisah di Pulau Langkawi


Pulau Langkawi memiliki banyak obyek wisata yang layak anda kunjungi. Selain memiliki Pantai Beringin, ada satu obyek wisata di pulau ini, yaitu Gua Cerita. Tahu kenapa dinamakan Gua Cerita? Karena gua ini memang memiliki banyak cerita legenda yang sangat menarik untuk disimak sebagai bahan kajian kebudayaan Malaysia. Jika anda berkunjung ke Gua Cerita anda harus menyeberangi satu jembatan yang terbuat dari kayu.  Jembatan kayu dengan panjang ratusan meter ini justru memberikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang  datang ke gua. Perjalan di atas laut dengan pemandangan yang menyenangkan merupakan  sensasi yang bisa kita alami saat menyusuri jembatan kayu ini.

Sayang letaknya cukup sulit untuk dicapai. Tapi jika wisatawan telah berhasil sampai di lokasi wisata kesulitan dalam perjalanan yang melelahkan tersebut akan tertebus dengan panorama alam di Gua Cerita dan sekitarnya yang sungguh memikat. Stalaktit dan stalagmit yang berusia ribuan tahun di dalam gua akan menjadi satu tontonan yang menyenangkan.

Gua cerita memang menyimpan sebuah cerita, sebuah kisah yang perlu dikaji lebih dalam lagi. Jika anda telah berada di dalam gua, anda dapat menyaksikan satu peninggalan sejarah berupa ukiran tulisan arab di beberapa tempat di dinding gua. Tulisan ini menceritakan satu tokoh penting di masa itu, Sheikh Baharuddin.  Tulisan arab bersejarah ini ditulis pada tahun 1754 Masehi ketika  Sultan Mohamed Jiwa II yang berasal dari Kedah tengah berkuasa. Sayang sampai saat ini belum ada literature yang dibuat tentang kisah Seikh Baharuddin yang tertulis di Gua ini. Sehingga wisatawan yang ingin tahu kesulitan untuk mendapatkan penjelasan tertulis yang bisa dipertanggung jawabkan.

Bagaimana Wisatawan Pergi Ke Gua?
Sebenarnya anda tidak akan kesulitan untuk menuju ke gua, karena banyak perahu yang disewakan dari Tanjung Rhu. Biaya sewa perahu yang termasuk mahal tetap sebanding dengan apa yang akan anda saksikan begitu anda tiba di obyek wisata.  Jika anda berwisata ke Langkawi, jangan melewatkan untuk melihat keindahan Gua Cerita dan alam di sekitarnya. Berapa biaya masuk ke Gua? Biaya masuknya $ 0, karena memang anda tidak perlu lagi membayar untuk masuk ke dalam Gua. Menarik kan?!



No comments:

Post a Comment